Kamis, 01 November 2018

Obrolan Pagi

Postingan kali ini didasari oleh percakapan singkat antara saya dan beberapa teman didepan toilet kantor tadi pagi. Ketika akhirnya kita tinggal bertiga, lalu dua lainnya asyik berbahasa daerah yang tidak saya ketahui artinya di depan saya. Dan menurut saya etikanya tidak boleh begitu, kecuali pada saat mereka berbicara saya belum ada disitu.

Etika.

Kalo menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) etika/eti·ka/ /étika/ n adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak).
sedangkan  menurut beberpa ahli :

  • K. Bertens: Etika adalah nilai-nila dan norma-norma moral, yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur perilaku.
  • Prof. DR. Franz Magnis Suseno: Etika adalah ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang memberikan arah dan pijakan dalam tindakan manusia.
  • Ramali dan Pamuncak: Etika adalah pengetahuan tentang perilaku yang benar dalam profesi.

Tapi disini saya bukan ingin membahas tentang arti dari etika tadi, saya cuma ingin orang paham, bahwa ketika saya berkata "etikanya begini" atau "kalau sesuai etika" , itu bukan berarti saya menganggap orang lain tidak tau etika. Saya hanya ingin mengajak orang tersebut untuk memahami  nilai-nilai ataupun norma yang benar dalam berprilaku. Dan bukan berarti karena saya mengajak orang lain untuk melakukan itu,  lantas saya sudah menjadi orang yang paling benar. Bukaaaaannnn... bukan itu juga maksudnya.

Ya intinya, saya mau kita sama-sama belajar untuk hal yang baik, yang benar.  Sama-sama saling menghargai dan memahami. Udah itu aja..   

I love All of my friends








Tidak ada komentar:

Posting Komentar